Skip to main content

Harga untuk sebuah kata "terlambat"

Kata terlambat sudah sangat lumrah bagi masyarakat Indonesia. Sanking lumrahnya sehingga istilah "jam karet" menjadi hal yang lumrah pula untuk ditoleransi (dalam beberapa case mungkin tidak).

Kebiasaan terlambat atau tidak disiplin waktu tentunya berawal dari "ala bisa karna biasa". Sejak kecil masyarakat terbiasa untuk tidak disiplin waktu karena toh tidak begitu rugi jika hanya terlambat sedikit. Lebih parahnya lagi mengenal istilah "lebih baik terlambat atau tidak sama sekali" sebuah istilah pembelaan yang tak terelakkan.

Tidak jarang masyarakat memaklumi orang-orang untuk terlambat karena mengganggap setiap orang punya masalah dan kesibukan masing-masing. 
Meskipun ukuran terlambat masih belum jelas bagaimana yang dapat ditoleransi bagaimana yang tidak.

Di kalangan mahasiswa sendiri, kata terlambat bukan sebuah kata yang tabu. Adalah kejadian yang sangat langka apabila dalam sebuah kelas atau rapat kepanitiaan, tidak ada yang terlambat. Belum lagi dalam hal pengumpulan tugas via online, memohon dosen untuk toleransi beberapa menit keterlambatan. Bukan berarti seluruh mahasiswa tentunya, hanya beberapa.

Time is money
"Waktu adalah uang!" 
Mengapa uang? karena dalam prespektif ekonomi, pada akhirnya orang-orang akan aware ketika sudah menyangkut masalah harga, yaitu uang.
Semua orang mengetahui bahwa terlambat itu merugikan. Seberapa merugikan kah? tidak ada yang tau sehingga kembali dapat dimaklumi oleh pribadi kita masing-masing.
Bagaimana jika nilai kerugian itu dibuat dalam bentuk angka, sebuah harga dengan kata lain,UANG.

Misalkan saja,
Seseorang terlambat mengikuti kelas 15 menit, dia mengetahui bahwa dia rugi. Rugi karena terlambat dan tidak mengikuti penjelasan dosen dari awal. Lalu dia akan memaklumi dirinya sendiri dengan solusi bertanya pada teman yang lain. Berikutnya tidak tertutup kemungkinan si mahasiswa untuk melakukan hal yang sama.

Bagaimana jika dikatakan begini,
Apabila seseorang terlambat kelas, setiap menitnya dia telah rugi Rp 10.000. Berarti mahasiswa tadi telah rugi sebesar Rp 150.000. 
Menurut kamu, apakah berikutnya dia akan terlambat kelas? atau mencoba mati2an untuk tidak melewatkan uang 10.000 rupiah pun. Meskipun solusi bertanya pada teman masih bisa dilakukan, tetapi berikutnya dia tidak akan rela untuk kehilangan Rp 150.000 lagi.


Sama halnya dari cerita penelitian yang menginspirasi saya,

Seorang klimatologi pernah membuat sebuah penelitian bahwa kenaikan setiap derajat iklim dapat merugikan. Antara lain, kerusakan terumbu karang, penurunan daratan, kurangnya air bersih dan kerugian alam lainnya. Semua orang dan pemerintah mengetahui hal itu merugikan dan berharap jangan sampai terjadi. 
Pemerintah menganjurkan masyarakat untuk go green dan aksi sosial pencegahan pemanasan global lainnya. Sampai bertahun-tahun manusia mencengah tanpa merasakan dampaknya secara langsung.

Lalu seorang ekonom, Nicholas Stern, menghitung dan berani menentukan angka atas kerugian yang ditanggung negara setiap kenaikan derajat iklim. Beliau memperhitungkan perubahan iklim dapat merugikan negara kurang lebih sebesar 5% dari total GDP. Dan persentasi akan terus meningkat karena perubahan iklim akan terus terjadi jika tidak dilakukan pencegahan yang nyata. 
Bagaimana reaksi pemerintah ??
Pemerintah menjadi kalap mendengar GDP ternyata tersentuh dampak dari perubahan iklim itu.
Tentu saja berikutnya pemerintah dan masyarakat berusaha mati-matian menjaga alam dan melakukan program-pragram yang berdampak nyata agar perubahan iklim dapat dicegah seminimal mungkin, dan berani mengeluarkan cost yang mahal untuk melakukan penelitian demi menemukan solusi pencegahan yang tepat.


Cerita ini saya dengar pertama kali di kelas Topik Khusus Ekonomi Sumber Daya Alam oleh dosen favorit saya, Pak Martin.

Sekaligus cerita dari kelas ini menginspirasi saya akan kebiasaan terlambat yang akan sangat dihindari pula apabila ditentukan harga kerugiannya. 
Bagaimana untuk menghitung harga keterlambatan tadi?
Nilai keterlambatan adalah opportunity cost (harga yang dikeluarkan untuk sebuah pilihan terbaik)
Jika saya terlambat memasuki kelas untuk mendengarkan cerita inspiratif ini selama 15 menit, maka saya akan lebih rela untuk mengulang di kelas sama tahun depan. Dengan kata lain saya harus membayar uang kuliah 3 sks sebesar Rp 150.000. Maka per menit kerugian saya adalah Rp 10.000. Kira-kira perhitungannya seperti itu.

Andaikan saja demikian, betapa saya tidak akan rela untuk terlambat kedua kalinya :)







Comments

Popular posts from this blog

Jangan Pernah Berhenti Belajar

(Tulisan ini untuk diikutsertakan dalam seleksi www.beasiswadataprint.com dengan tema "Sikap untuk Meningkatkan SDM Indoneisa agar sejajar dengan negara maju" ) Mencetak generasi cerdas! Satu yang menurut saya membedakan masyarakat Indonesia dengan masyarakat negara maju adalah pola pikir tentang belajar dan haus akan pengetahuan.   Dukungan pemerintah terhadap pendidikan atau insentif pendidikan tentu sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan Bangsa ini.  Kesempatan belajar di negara maju membuat anak-anak mengecap pendidikan yang layak sehingga dapat belajar dengan fokus tanpa memikirkan biaya pendidikan yang ditanggung. Namun tulisan ini bukan untuk (sekedar) mengkritik pemerintah namun untuk menitikberatkan perbedaan yang ada. Masalah insentif pendidikan ini lalu merambah ke tenaga pendidik dan minat belajar anak. Jika insentif yang diberikan pemerintah sangat tidak memadai, maka sekolah yang terfasilitasi dan pendidik yang kompeten pun sulit dijump

INTAN PERTIWI SIANIPAR - SCHNEIDER ELECTRIC CAMPUS AMBASSADOR

teman2 yang online malam ini, tolong like video ini yaaa *maksimal kumpulin LIKE sampe besok jam 08.00 satu like kalian sangat berarti.. makasih teman temaaan VIDEO SCHNEIDER ELECTRIC CAMPUS AMBASSADOR INTAN PERTIWI SIANIPAR I'm a student of Economics and business Padjadjaran University. Please help me to be a Schneider Electric Campus Ambassador to raising people awareness for saving energy by klik LIKE bottom on this video. Then join me to be an agent of change for better world :) Thank you, May God bless you :)

True Colors are Beautiful

Sudah pernah nonton Trolls? Yang pernah pasti tau si cowo abu-abu kan, kira-kira aku sedang abu-abu juga seperti dia hehe. Ada beberapa hal yang membuatku kurang bersemangat hari ini. Terkadang perasaan kurang semangat memang akan berpengaruh banyak terutama akan lebih sering berfikiran negatif dan merasa kecil. Tetapi untunglah lagu ost film buatan DreamWorks ini ada dalam playlist ku. Setidaknya senyumku mengembang kembali ketika alunan nada dan liriknya sampai di telinga. You with the sad eyes Don't be discouraged, oh I realize It's hard to take courage.. In a world full of people You can lose sight of it all The darkness inside you Can make you feel so small.. ....... And that's why I love you So don't be afraid to let them show Your true colors True colors are beautiful #Justin Timberlake ft Anna Kendrick Hi Trolls, thanks for your smile :) Hopefully this gray color does not last long Cause true colors are be