Skip to main content

Sayang, Kau Menilaiku Salah...

Ini adalah kisah nyata pengantar untuk satu pertanyaan di benak saya saat ini.

Sebut saja namanya mba Bunga.

Beliau adalah mba yang menjaga kosan sekaligus yang mencuci pakaian bagi anak kos yang mau membayar.

Seperti biasa pada bulan lebaran, mba Bunga akan mudik selama dua minggu, dan kebetulan memang saya sudah membayarkan untuk bulan depan sekaligus THR pada saat itu.


Sudah dua minggu setelah lebaran dan Bunga belum juga kembali, sementara saya akan pergi liburan dalam tiga hari lagi. Pagi hari saya bertanya kapan Bunga akan kembali, dan Bunga menjawab sudah dalam perjalanan dan akan sampai hari ini. Lalu saya bertanya apakah mungkin bisa menyelesaikan cuci setrika agar pakaiannya bisa saya gunakan 3 hari lagi. Bunga lalu membalas pesan saya mengatakan bahwa dia disarankan oleh bidan untuk tidak melakukan pekerjaan berat.

Ohiyaaa... saya lupa kalau Bunga sedang hamil! Duh.. rasanya tidak enak hati.

Saya pun ingin membalas pesannya mengatakan maaf saya lupa dan tidak perlu untuk cuci setrika pakaian saya. Namun saya pikir nanti saja balasnya saat sudah sampai kosan dan setelah menyelesaikan cuciannya.

Pulang kantor saya langsung mencuci pakaian, meskipun hanya sebagian yang kira-kira akan saya butuhkan nanti.

Saya masih saja berfikir tidak enak hati ke Bunga. Dalam hati: "saya harus segera membalas pesannya setelah menyelesaikan ini"

Namun karena terlalu lelah saya langsung tertidur. Paginya saya keluar kamar dan heran karena keranjang pakaian kotor saya kosong.

Oh noo... jangan-jangan Bunga mengerjakannya pagi ini. Tidakk.. saya ternyata lupa membalas pesannya!
Pastilah Bunga berfikir saya kecewa sampai-sampai tidak membalas pesannya.

Saya langsung ambil HP dan balas WA nya mengatakan maaf saya lupa balas untuk mengatakan tidak apa-apa dan maaf saya lupa kalau mba Bunga sedang hamil. Dan untuk mengatakan saya sudah cuci kok jadi tidak perlu naik ke lantai dua (kebetulan saya di lantai 2 dan mba Bunga di lantai 1)

Yaampun ga enak hati bgt!

Sebelum berangkat kantor saya ke kamar mba Bunga untuk minta maaf dan mengatakan bahwa sebenarnya pakaian yang saya butuhkan sudah saya cuci, hanya lupa membalas pesannya saja.

Jawaban mba Bunga tentunya bilang tidak masalah kok...

Saya tetap tidak enak hati tapi setidaknya saya menyampaikan bahwa saya sudah cuci yang saya butuhkan untuk liburan nanti, karena tidak ada lagi yang bisa dilakukan.

-End of story-

.....

Sesampainya di kantor saya berfikir bahwa sangat mungkin miscommunication akan mengarah ke negatif thinking. Jika kamu tidak berbicara maka orang-orang akan berspekulasi atas apa yang kamu pikirkan-termasuk saya sendiri berspekulasi atas apa yang dipikirkan Bunga karena dia tidak balas pesan saya lagi. Ini hanya contoh kecil dalam hal balas membalas pesan di WA.

Ya yang jelas saat ini saya bingung jika ada orang yang salah menilai kita.

Apa yang harus kita lakukan untuk membuktikan pada mereka?

Terutama orang dekat yang sering negatif thinking pada kita. Karena kalau orang yang baru kenal yasudahlah ya..tidak perlu rasanya membuktikan pada mereka siapa kita.


Comments

Popular posts from this blog

Jangan Pernah Berhenti Belajar

(Tulisan ini untuk diikutsertakan dalam seleksi www.beasiswadataprint.com dengan tema "Sikap untuk Meningkatkan SDM Indoneisa agar sejajar dengan negara maju" ) Mencetak generasi cerdas! Satu yang menurut saya membedakan masyarakat Indonesia dengan masyarakat negara maju adalah pola pikir tentang belajar dan haus akan pengetahuan.   Dukungan pemerintah terhadap pendidikan atau insentif pendidikan tentu sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan Bangsa ini.  Kesempatan belajar di negara maju membuat anak-anak mengecap pendidikan yang layak sehingga dapat belajar dengan fokus tanpa memikirkan biaya pendidikan yang ditanggung. Namun tulisan ini bukan untuk (sekedar) mengkritik pemerintah namun untuk menitikberatkan perbedaan yang ada. Masalah insentif pendidikan ini lalu merambah ke tenaga pendidik dan minat belajar anak. Jika insentif yang diberikan pemerintah sangat tidak memadai, maka sekolah yang terfasilitasi dan pendidik yang kompeten pun sulit dijump

INTAN PERTIWI SIANIPAR - SCHNEIDER ELECTRIC CAMPUS AMBASSADOR

teman2 yang online malam ini, tolong like video ini yaaa *maksimal kumpulin LIKE sampe besok jam 08.00 satu like kalian sangat berarti.. makasih teman temaaan VIDEO SCHNEIDER ELECTRIC CAMPUS AMBASSADOR INTAN PERTIWI SIANIPAR I'm a student of Economics and business Padjadjaran University. Please help me to be a Schneider Electric Campus Ambassador to raising people awareness for saving energy by klik LIKE bottom on this video. Then join me to be an agent of change for better world :) Thank you, May God bless you :)

True Colors are Beautiful

Sudah pernah nonton Trolls? Yang pernah pasti tau si cowo abu-abu kan, kira-kira aku sedang abu-abu juga seperti dia hehe. Ada beberapa hal yang membuatku kurang bersemangat hari ini. Terkadang perasaan kurang semangat memang akan berpengaruh banyak terutama akan lebih sering berfikiran negatif dan merasa kecil. Tetapi untunglah lagu ost film buatan DreamWorks ini ada dalam playlist ku. Setidaknya senyumku mengembang kembali ketika alunan nada dan liriknya sampai di telinga. You with the sad eyes Don't be discouraged, oh I realize It's hard to take courage.. In a world full of people You can lose sight of it all The darkness inside you Can make you feel so small.. ....... And that's why I love you So don't be afraid to let them show Your true colors True colors are beautiful #Justin Timberlake ft Anna Kendrick Hi Trolls, thanks for your smile :) Hopefully this gray color does not last long Cause true colors are be